Referensi Memilih Piranti Elektronik Untuk Smart Home Impian Kamu : i0.wp.com
Referensi Memilih Piranti Elektronik Untuk Smart Home Impian Kamu : i0.wp.com

Referensi Memilih Piranti Elektronik Untuk Smart Home Impian Kamu

Perubahan teknologi sekarang ini bawa kita pada zaman Internet of Things atau IoT. Smart home menjadi satu diantara bentuk jika IoT ini riil dan telah makin dekat sama kehidupan setiap hari. Smart home juga jadi mimpi beberapa orang, terutamanya beberapa handphone enthusiast.

Rumah pandai atau smart home pasti mempunyai beragam piranti elektronik pandai dan hebat. Maka dari itu, kamu perlu pilih piranti yang akurat. Ini kali, ada referensi piranti elektronik yang pas buat kamu membeli. Baca sampai akhir untuk memperoleh keterangan lebih komplet.

Mengenali Mekanisme Smart Home

Saat sebelum mengulas piranti elektronik yang memberikan dukungan kamu merealisasikan smart home, seharusnya kenali langkah kerja mekanisme ini lebih dulu.

Smart home sistem sebagai mekanisme di mana piranti elektronik di dalam rumah sama-sama tersambung keduanya yang dikendalikan lewat handphone, netbook, games concole, atau tablet. Handphone ini berperanan sebagai pusat mekanisme.

Mekanisme smart home ini manfaatkan akses internet hingga bisa mengontrol beragam hal di dalam rumah dari jauh. Banyak hal yang dapat dikontrol diantaranya penataan sinar atau lampu, temperatur, sarana selingan, dan lain-lain.

Ide smart home telah lebih dulu diterapkan di negara maju seperti Jepang dan Amerika. Mekanisme ini betul-betul memberi dampak yang bagus untuk beberapa pemiliknya. Mereka akui dapat kurangi waktu untuk membenahi rumah. Kenyamanan saat ada di rumah juga bertambah.

Referensi Barang Untuk Smart Home

Saat ini ialah waktunya untuk ketahui referensi piranti elektronik apa yang seharusnya kamu siapkan untuk membuat suatu smart home sistem. Berikut detilnya.

Google Home/Nest

Sumber Foto : icdn3.digitaltrends.com
Sumber Foto : icdn3.digitaltrends.com

Piranti pertama kali yang benar-benar sama dengan smart home ialah Google Home atau Google Nest. Ke-2 piranti ini berlainan, tetapi manfaatnya di smart home lebih kurang sama.

Google Nest memungkinkannya kamu untuk mengatur semua piranti elektronik di dalam rumah cukup dengan perintah suara. Ucapkan “OK Google” atau “Hai Google” untuk aktifkan Google Nest. Seterusnya, piranti itu akan siap terima perintah yang kamu katakan.

Philips Hue

Sumber Foto : e.rpp-noticias.io
Sumber Foto : e.rpp-noticias.io

Philips Hue ialah sebuah teknologi lampu pandai atau smart lamp dari merek terkenal, Philips. Mekanisme ini memungkinkannya beberapa pemakai untuk atur lampu rumah mereka dari jauh. Dimulai dari menghidupkan dan mematikan lampu, atur tingkat kecemerlangan, sampai mengganti warna.

Untuk menyambungkan Philips Hue dengan handphone, dibutuhkan jaringan nirkabel. Disamping itu, kamu dapat mengontrolnya lewat Google Nest.

Samsung Famili Hub

Smart home belum berasa komplet jika tidak ada kulkas pandai didalamnya. Samsung mempunyai satu produk yang paling direferensikan buat kamu. Namanya ialah Samsung Famili Hub.

Kulkas ini diperlengkapi dengan sebuah monitor sentuh besar pada bagian pintunya. Pemakai dapat menggunakan monitor ini untuk lakukan beberapa hal. Misalkan menulis daftar berbelanja, mengingati jika stock bahan makanan tipis, menyaksikan kalender, memutar musik, bahkan juga melihat film.

Smart Door Lock

Meninggalkan kunci konservatif dan berpindah ke smart door lock. Bila kamu pernah melihat sinetron Korea, tentu tidak asing dengan teknologi ini. Bila memakai smart door lock, kamu tidak perlu kunci untuk buka pintu.

Kamu bisa memakai kartu seperti pada hotel, sandi, bahkan juga sidik jemari. Mekanisme ini lebih aman hanya karena orang tertentu saja yang dapat masuk rumah.

Smart Mirror

Piranti ini seperti Samsung Famili Hub, tetapi tidak ada kulkasnya . Maka, alat ini betul-betul seperti cermin yang umum kamu gunakan untuk menyaksikan performa. Peranan dari alat ini diantaranya untuk bercermin, membuat catatan, memutar musik, melihat film, dan lain-lain.

Smart Vacum Cleaner

Rumah pasti harus dibikin bersih dengan teratur agar terlepas dari debu dan kuman. Maka dari itu, kamu memerlukan smart vacum cleaner. Alat ini umumnya seperti tabung pendek. Alat ini dapat jalan ke semua ruang sekalian bersihkan lantai.

Tidak cuma mengisap debu, alat ini dapat juga mengepel lantai. Apabila sudah usai melakukan pekerjaannya, smart vacum cleaner akan balik ke pengisi daya dock untuk isi daya. Rasanya betul-betul seperti punyai robot pencuci.

Keunggulan dan Kekurangan Smart Home
Saat sebelum kamu memilih untuk beli semua piranti elektronik yang sudah diterangkan di atas, ada banyak hal yang harus dipahami masalah mekanisme smart home. Mekanisme ini mempunyai beberapa kekurangan dan kelebihan. Tentu saja ini harus kamu pikirkan saat sebelum mewujudkannya.

Kelebihan Smart Home

Smart home sistem ialah kontrol yang terkonsentrasi. Maknanya, kamu bisa mengontrol beragam piranti elektronik cuma dari 1 piranti, yakni handphone atau memberi perintah suara pada Google Home/Nest.

Semua piranti elektronik yang tersambung dengan mekanisme smart home dapat dikontrol dari jauh, Maka kamu bisa mengatur lampu, temperatur ruang, dan lain-lain saat sebelum sampai di dalam rumah.

Bahkan juga kamu bisa ketahui langsung jika ada permasalahan yang terjadi rumah karena pemberitahuan yang dikirim oleh piranti elektronik smart home.

Kekurangan Smart Home

Tetapi mekanisme smart home punyai beberapa kekurangan. Kekurangan pertama ialah faktor keamanan. Karena mekanismenya online, tidak tutup peluang hacker akan menjebol rumah kamu lewat mekanisme smart home ini.

Disamping itu, smart home sistem ini benar-benar tergantung pada listrik dan internet. Sementara di Indonesia masih umum terjadi pemadaman listrik dan service internet yang mendadak down. Smart home tidak berperan benar-benar tanpa internet dan listrik. Coba pikir ini.

Jika kamu siap dengan semua keunggulan dan kekurangan smart home sistem, tidak ada kelirunya untuk memulai beli piranti elektronik yang direferensikan di atas. Mewujudkan rumah periode depanmu dimulai dari sekarang ini.