Perbandingan Antara Layar OLED, AMOLED, dan Super AMOLED Pada Smartphone : blogger.googleusercontent.com
Perbandingan Antara Layar OLED, AMOLED, dan Super AMOLED Pada Smartphone : blogger.googleusercontent.com

Perbandingan Antara Layar OLED, AMOLED, dan Super AMOLED Pada Smartphone

Jika kamu ikuti perubahan handphone, terutamanya handphone, tentu tidak asing dengan tipe layar OLED, AMOLED, dan Super AMOLED. Ke-3 nya ialah beberapa jenis layar yang sering diterapkan pada handphone terkini.

Apa kamu sudah tahu ketidaksamaan antara layar OLED, AMOLED, dan Super AMOLED? Bila belum, kamu telah ada di lokasi yang pas karena artikel ini akan menerangkan ketidaksamaan antara ke-3 tipe layar itu.

Agar kamu tidak ketinggal semua info keutamaan, baca artikel ini sampai habis, ya. Tidak boleh diskip.

Layar OLED

Sumber Foto : awsimages.detik.net.id
Sumber Foto : awsimages.detik.net.id

Silahkan mulai ulasan ini kali dengan tipe layar OLED. Kepanjangan dari OLED sendiri ialah Organic Light Emitting Diode. Ini berarti dioda organik pemancar sinar. Panel layar yang ini memang dibikin bermaterial organik, yakni karbon dan hidrogen.

Ke-2 material organik bisa pancarkan sinar sendirinya jika dialiri oleh listrik. Ini memiliki arti OLED tidak membutuhkan kontribusi sinar dari lampu tambahan atau backlight yang dijumpai pada teknologi LCD.

Material organik itu ditempatkan di sisi tengah di antara anoda dan katoda. Seterusnya, susunan itu dilapis kembali dengan substratum (plat kaca bawah) dan segel (plat kaca atas).

OLED sering dipakai pada handphone terkini karena mempunyai beberapa keunggulan seperti berikut:

  • Berat lebih enteng karena panel organik lebih tipis dibanding layar IPS, LCD, dan LED.
  • OLED lebih tipis karena tidak membutuhkan kontribusi backlight. Ini memungkinkannya produsen untuk menambah battery semakin besar ke handphone.
  • Minimnya layar OLED memungkinkannya produsen handphone menambah panel sinar tambahan hingga hasilkan gambar yang lebih ceria.
  • Kurang kebocoran sinar dari pinggir layar karena tidak ada pemakaian panel sinar tambahan atau backlight. Ini muncul karena sinar dibuat dari tiap pixel material organik yang membuat layar OLED.
  • Pemikiran penampilan jadi lebih luas dibanding LCD dan LED hingga warna gambar tetap sama walau disaksikan dari pojok samping.

Layar AMOLED

Walau layar OLED cukup memberikan kepuasan dengan dimensi yang lebih tipis, fleksibel, dan bisa hasilkan warna semakin banyak, ini belum juga cukup.

Beberapa periset masih lakukan peningkatan dan riset sampai diketemukan penerus dari OLED, yakni AMOLED.

AMOLED sendiri sebagai ringkasan dari Active Matrix Organic Emitting Diode. Perlu kamu ketahui jika AMOLED sebagai salah satunya dari 2 tipe OLED.

Tipe yang lain ialah POLED yang disebut OLED pasif. Layar POLED mempunyai lebar yang tidak lebih dari 3 inch dan seringkali digunakan pada alat MP3 Player. POLED memanglah tidak dapat dibikin dalam ukuran yang besar.

Beda hal dengan layar AMOLED yang bisa dibikin untuk ukuran yang sangat besar juga. Sebetulnya, semua karakter dan keunggulan layar OLED bisa kamu dapatkan pada AMOLED. Tetapi ada banyak hal yang membuat AMOLED lebih baik. Berikut detilnya.

  • AMOLED mempunyai panel yang super tipis, lebih tipis dibanding OLED. Bahkan juga layar tipe ini bisa dibuat dengan tebal cuma 0,001 mm tak perlu kurangi kualitas warna yang dibuatnya.
  • Warna yang dibuat oleh AMOLED tetap tajam dan kelihatan terang walau layar terserang refleksi cahaya matahari langsung.
  • Layar AMOLED bisa menunjukkan gambar dengan benar-benar terang walau disaksikan dengan sudut pandang 180 derajat.
  • lebih irit daya dibanding dengan tipe layar OLED, LED, atau LCD. Beberapa faksi mengatakan jika pemakaian layar AMOLED bisa mengirit pemakaian daya pada handphone sampai 40%.
  • Telah diperlengkapi dengan susunan perlindungan hingga layar AMOLED lebih tahan pada guratan beberapa benda tajam. Kamu tidak perlu memasangkan anti gores atau perlindungan layar yang lain.

Layar Super AMOLED

Tipe layar ke-3 yang diulas kesempatan ini ialah Super AMOLED. Layar Super AMOLED sebagai hasil peningkatan dari layar AMOLED. Maka dari itu, bisa ditegaskan jika layar yang ini punyai semakin banyak keunggulan.

Samsung ialah perusahaan yang lakukan riset dan meningkatkan layar Super AMOLED. Tidaklah aneh bila beberapa produk dari merk Samsung umumnya menggunakan layar tipe ini, khususnya handphone flagshipnya.

Bila dibanding dengan 2 tipe layar yang telah diulas awalnya, Super AMOLED lebih tipis kembali. Masalahnya layar yang ini telah diperlengkapi dengan touchscreen yang telah terpadu bersama panel layar yang lain.

Dengan demikian, produsen handphone tidak perlu menambah layar sentuh secara terpisah, seperti yang sudah dilakukan pada layar AMOLED dan OLED.

Karakter-sifat layar Super AMOLED ini di turunkan dari beberapa perintisnya, yakni AMOLED dan OLED. Sebagai penerus, pasti Super AMOLED mempunyai kelebihannya sendiri. Berikut detilnya.

  • Gambar yang dibuat ceria, tajam, dan punyai kualitas tinggi sekali.
  • Diperlengkapi dengan penataan warna Red, Green, Blue (RGB).
  • lebih irit daya dibanding dengan 2 perintisnya.
  • Bila ada di bawah cahaya matahari langsung, gambar yang dibuat oleh layar Super AMOLED masih tetap jelas, tajam, dan terlihat benar-benar terang.
  • Pemikiran lebih luas hingga pemakai dapat menyaksikan kualitas warna yang serupa walau tidak ada tepat di muka layar itu.
  • Jumlah spektrum warna yang dibuat hingga capaian berwarna lebih luas.
  • Benar-benar tipis, enteng, dan fleksibel hingga memungkinkannya untuk jadi elemen pada handphone layar lipat.
  • lebih responsive dibanding dengan OLED dan AMOLED. Ini bisa muncul karena panel sentuh layar ini tidak dibikin terpisah.

Sampai di akhir ulasan ini, pasti kamu telah pahami ketidaksamaan di antara layar OLED, AMOLED, dan Super AMOLED, kan? Untuk sekarang ini, layar Super AMOLED bisa disebutkan sebagai yang terbaik. Tetapi tidak tutup peluang akan diketemukan tipe layar yang lain yang lebih bagus.