Mengenali Android Tiramisu, Panggilan untuk Android 13 : republika.co.id
Mengenali Android Tiramisu, Panggilan untuk Android 13 : republika.co.id

Mengenali Android Tiramisu, Panggilan untuk Android 13

Meskipun belum masuk tahapan Beta, tapi peningkatan Android 13 telah diawali dan berdasar bocoran terkini, ada 3 feature baru dari Android 13 yang telah tersingkap. Buat yang ingin tahu, berikut ialah detil selengkapnya:

1. UI Baru di Pengeluaran Suara
Bila “pengeluaran suara” bukan istilah yang kamu kenali, karenanya ialah suatu hal yang lumrah mungkin karena feature itu ialah feature baru yang terpadu dengan kontrol media di Android 11. Ini ialah tombol yang mengatakan mana piranti yang memutar media — didalamnya ada detil piranti seperti TWS, speaker dan sebagainya.
Pemilih output suara itu sebetulnya telah mengawali kiprah semenjak di Android 10 dan mendapatkan design ulangi di Android 11, walau beberapa dari kamu yang belum ketahuinya. Bahkan juga ada banyak rekonsilasi di Android 12 — di handphone Pixels. Tapi di Android 13, Google siap-siap untuk memberi peralihan yang lebih signifikan.

2. QR Code Everywhere
Sepanjang 2 tahun terkahir juara feature di Android jawabnya hanya ada satu yaitu QR Code. Feature ini kenyataannya benar-benar menolong untuk terhubung menu di saat-saat susah ini dan karena hal itu Google coba memperluas akses tempat QR Code di Android 13. Sekarang ini, agar bisa terhubung QR Code di mayoritas versus Android dan skin Android yang ada, kamu harus jalankan program camera lebih dulu dan sesudah di scan, nanti kamu akan ditujukan secara automatis ke program yang selaras ataukah kamu segera mambuka program yang sama sesuai agar bisa scan QR Code itu. Tapi, semuanya akan berbeda di Android 13, di mana Google akan bawa seperti pemindai QR Code ke monitor kunci handphone, sehingga kamu langsung bisa menjalankannya tak perlu buka pirantimu lebih dulu selanjutnya terhubung camera.

3. Pemutaran Media Antara Piranti
Antara beberapa feature Android 13 yang telah tersingkap, ada banyak feature baru yang kemungkinan betul-betul baru datang di Android 13 — misalkan pemutaran media antara piranti. Peluang feature ini benar-benar serupa dengan feature di iPhone yang memungkinkannya kamu untuk mengalihkan media dari handphone ke Homepod dengan sekali ketok. Isunya, feature ini akan tampilkan pernyataan dengan informasi-informasi yang bermanfaat secara kontekstual saat pemakai memutar media di piranti Android — piranti dapat berbentuk handphone, tablet, atau bahkan bisa saja speaker yang tersambung ke Chromecast.
So, untuk info yang lebih komplet, silahkan kita tunggu saja bersama saat versus developer preview dari Android 13 telah ada.