Mengenali Pemicu Laptop Mati Sendiri dan Cara Mengatasinya : charis.id
Mengenali Pemicu Laptop Mati Sendiri dan Cara Mengatasinya : charis.id

Mengenali Pemicu Laptop Mati Sendiri dan Cara Mengatasinya

Sudah pernahkah Anda saat bekerja di laptop dan laptop itu mati sendiri secara mendadak? Tak perlu cemas, karena langkah menangani laptop mati sendiri sebetulnya lumayan gampang.

Saat Anda bekerja atau kerjakan suatu hal di laptop yang mendadak mati sendiri tentu berasa demikian menyebalkan. Sebab bisa saja data ada yang belum diletakkan hingga ini membuat Anda berasa frustasi.
Laptop yang mati sendiri bisa dijumpai dari beberapa pemicu. Karena itu, Anda perlu ketahui pemicunya untuk mendapati jalan keluar yang pas hingga laptop selekasnya sembuh kembali.
Silahkan kita baca pemicu laptop mati sendiri dan bagaimanakah cara menanganinya.

Pemicu Laptop Mati Sendiri

Anda perlu mengenal apa akar permasalahan yang mengakibatkan laptop jadi mati. Umumnya, ada banyak hal yang mengakibatkan, dapat terkait dengan mekanisme netbooknya yang memiliki masalah, RAM error, sampai dari factor external yang lain.

Ini beberapa pemicu mengapa laptop mati sendiri:

1. Battery Laptop Kerap Turun
Pemicu pertama umumnya datang dari perform battery yang turun. Saat battery telah hancur, karena itu mekanisme operasi akan ada peringatan untuk selekasnya isi daya.

Dalam beberapa kasus, bahkan juga kurang dari 5 menit battery yang awalnya masih 20% langsung bisa habis dan mati. Tanda-tanda ini dapat Anda saksikan dari pemberitahuan yang ada.

Bila kerap merasakannya, karena itu tersebut pemicu laptop mati sendiri. Disamping itu, ciri-ciri yang lain dapat Anda kenali yakni dari lama waktunya battery berisi saat di pengisi daya.

2. Cooling Pad Mampet Debu
Laptop atau computer umumnya mempunyai pendingin atau Cooling pad yang berperan untuk mendinginkan piranti. Bila piranti panas, karena itu performa laptop akan melamban.

Laptop jadi panas dan pada akhirnya terjadi bug atau ngelag pada laptop. Bila didiamkan laptop dapat error dan pada akhirnya mati sendiri. Oleh karenanya Cooling pad mempunyai peran yang perlu.

Permasalahan pada cooling pad sering karena bungkusukan debu. Debu banyak terkumpul dan ini akan membuat putaran cooling pad jadi lamban hingga piranti alami overheat dan pada akhirnya mati.

3. RAM Hancur
RAM laptop yang hancur akan membuat laptop tidak dapat bekerja yang baik. Ini karena RAM mempunyai peran yang besar dalam jalankan piranti laptop atau computer.

RAM sebagai memory khusus dari laptop. Hingga bila memory penyimpanan data hancur, laptop tidak dapat jalan dan terhubung BIOS.
Mengakibatkan, laptop dapat mati dengan mendadak. Kerusakan elemen piranti RAM dapat mengakibatkan laptop mati.

Misalkan, kerusakan pada connector RAM yang berkarat akan punya pengaruh pada RAM tersebut.

4. Mekanisme Operasi Memiliki masalah
Hal yang umum terjadi dari laptop mati mendadak yakni dari mekanisme operasinya. Laptop bisa mati, re-start sendiri sampai tidak bisa booting bila mekanisme operasi alami permasalahan.

Pemicu mekanisme operasi hancur ada faktor-faktor, seperti instalasi program yang tidak prima, ada file corrupt, ada virus yang hapus file mekanisme penting, dan yang lain.

Langkah Menangani Laptop yang Kerap Mati Sendiri

Nach, tersebut pemicu yang penting Anda diagnosis sejak awal kali hingga bisa lakukan penangkalan dan perawatan dan langkah menanganinya lebih cepat.

Berikut beberapa hal yang perlu dilaksanakan atau langkah menanganinya:

1. Selalu Hubungkan Dengan Pengisi Daya
Untuk langkah pertama ini efisien dilaksanakan bila pemicu netbooknya ialah kerusakan pada battery atau perform yang turun. Karena itu berikut cara yang pas untuk menanganinya:

1. Selalu bekerja di dekat colokan untuk isi battery bila mendadak turun mencolok.
2. Bila laptop telah mati, selekasnya pasang kabel pengisi daya dan hubungkan kabel dengan setop contact.
3. Hidupkan laptop kembali dan check apa battery pada keadaan sedang berisi.
4. Lebih bagus tidak untuk memakai laptop saat di-charge supaya battery cepat penuh.
5. Anda bisa juga menimbang untuk menukar battery baru supaya battery tidak cepat habis.

2. Check Cooling Pad dan Membersihkan Debu
Anda perlu mengecek cooling pad secara periodik untuk menghindar laptop mati karena overheat. Membersihkan dengan mini vacuum cleaner atau dapat dengan kuas.

Tetapi, cooling pad yang berada di dalam piranti dapat membuat Anda kesusahan untuk membersihkan karena Anda harus buka casing laptop. Bila tidak pakar, Anda dapat memberikannya ke mekanik laptop untuk bersihkan cooling pad.

Disamping itu, tambah cooler pad terpasang secara external dan di luar laptop sebagai pendingin tambahan. Bila laptop telah mati, janganlah lekas dihidupkan karena masih overheat. Tunggu hingga temperatur laptop jadi kembali normal.

3. Membersihkan RAM
Langkah menangani laptop mati sendiri karena hardware RAM-nya yang memiliki masalah. Untuk menanganinya, kerjakan cara berikut:

1. Bila bukan battery tanam, membuka battery laptop.
2. Seterusnya, membuka case cover memory RAM.
3. Terlepas modul memory RAM-nya selanjutnya membersihkan slots RAM dengan kuas kecil.
4. Untuk segi konektornya dapat bersihkan memakai penghapus pensil.
5. Umumnya bakal ada kerak disekelilingnya karena panas dari laptop yang mengakibatkan logam berkerak.
6. Pasang lagi RAM dan covernya.
7. Selanjutnya hidupkan kembali laptop Anda.

4. Reset Mekanisme BIOS/CMOS
Bila pemicunya ialah dari mekanisme operasi, karena itu Anda tak perlu cemas sebab bisa diperbarui dengan meng-install ulangi windows. Disamping itu, permasalahan laptop mati sendiri dapat ditangani dengan mereset BIOS/CMOS. Penataan akan balik ke standar hingga file yang corrupt atau error akan terhapus.

Di bawah ini beberapa langkah langkah menangani laptop mati sendiri dengan reset mekanisme:

1. Sesudah laptop mati, terlepas battery laptop dan membuka casing bawahnya.
2. Cabut battery BIOS laptop lalu pasang sesudah 30 detik.
3. Hidupkan laptop kembali.

Berdasar pemicu yang sudah disampaikan di atas, Anda bisa ketahui langkah menangani laptop mati sendiri. Jika mati, selekasnya kontak service laptop paling dekat supaya langsung diatasi masalahnya.