Pengertian Laptop, Notebook, Netbook dan Ultrabook, Kamu Pilih yang Mana ? : obs.line-scdn.net
Pengertian Laptop, Notebook, Netbook dan Ultrabook, Kamu Pilih yang Mana ? : obs.line-scdn.net

Pengertian Laptop, Notebook, Netbook dan Ultrabook, Kamu Pilih yang Mana ?

Sampai saat ini, beberapa orang yang memukul rata untuk satu istilah yang sebetulnya mempunyai kelas atau kelompok sendiri. Salah satunya misalnya ialah piranti komputer jinjing. Selama ini ada 4 kelompok untuk piranti electronic itu, dimulai dari yang dikenali bernama laptop, notebook, netbook s/d ultrabook.

Mengapa harus ada 4 nama untuk satu produk yang mempunyai peranan sama itu? Untuk ketahui jawabnya, berikut ialah keterangan ringkas berkenaan masing-masing istilah itu.

Laptop

Sumber Foto : lpm.uma.ac.id
Sumber Foto : lpm.uma.ac.id

Laptop ialah sebuah piranti electronic yang dipakai untuk memproses data atau bermain games dengan keringanan untuk mengalihkannya dari 1 tempat ke lain tempat. Ukuran relatif besar dengan monitor di atas 17 inch.

Karena besar, karena itu piranti electronic satu ini berbobot yang cukup berat, yakni sekitaran 3 kg ke atas. Meskipun saat ini ini lebih banyak orang sangat jarang-jarang memakai DVD drive, namun ciri-ciri khusus dari laptop selalu mengikutkan drive ROM untuk masukkan kepingan itu.

Untuk mesin yang dipakai, laptop diperlengkapi dengan processor, kartu grafis s/d RAM dan ROM yang lumayan besar. Namun ketahanan battery yang terpasang didalamnya tidak begitu bisa bertahan sampai beberapa jam lama waktunya. Harga laptop sendiri tambah mahal karena perannya yang paling bermacam.

Notebook

Notebook : img.tek.id1
Notebook : img.tek.id1

Sebetulnya notebook ini mempunyai keserupaan dengan laptop, namun beberapa ada yang sedikit dikecilkan. Dengan pengertian jika notebook ini sebagai versus mini dari laptop. Misalnya saja ukuran monitornya lebih kecil dengan range dari 13 inch sampai batasan optimal 15 atau 17 inch. Disamping itu, notebook lebih enteng dibanding dengan laptop.

Netbook pun tidak diperlengkapi dengan drive untuk DVD-ROM karena bisa membuat wujud dan bentuknya jadi aneh dan bulky. Untuk processor s/d beberapa mesin yang lain terpasang didalamnya lebih kurang masih seperti yang dimiliki laptop. Namun batterynya mempunyai kemampuan besar dan bertahan lama.

Netbook

Bila dibanding dengan laptop atau notebook, netbook mempunyai ukuran monitor yang lebih kecil. Meskipun ukuran hampir serupa dengan tablet, namun bedanya ialah netbook masih tetap seperti komputer jinjing secara umum dengan jejeran keyboard disebelah yang bersimpangan dengan monitor, dan tablet cuma mempunyai monitor besar dengan keyboard tertancap didalamnya.

Netbook mempunyai detail yang cukup terbatas karena dibuat untuk pemakai yang tidak begitu aktif dan berbudget rendah. Maka dari itu, tidak boleh mengharap ada netbook yang diperlengkapi dengan dalaman bagus dan bisa dipakai untuk bermain games. Sekarang ini reputasi netbook mulai menurun karena jumlahnya produk tablet yang memiliki kekuatan lebih.

Ultrabook

Untuk ultrabook sendiri, produk satu ini mempunyai ukuran yang lebih kurang sama dengan notebook. Namun design yang dipunyai benar-benar minimalis dan beratnya lumayan ringan jika dibanding dengan notebook. Rerata berat dari sebuah ultrabook ialah optimal 1,5 kg dengan tebal sekitaran 2 cm saja.

Karena ukuran yang relatif tipis, karena itu ada beberapa hardware yang tidak dilibatkan didalamnya seperti satu diantaranya ialah drive untuk DVD-ROM. Bahkan juga harddisk yang terpasangkan ialah SSD, bukan HDD secara umum. Meskipun kekuatannya hampir serupa seperti netbook, namun untuk harga, produk ultrabook ini nyaris menyamakan atau bahkan juga melewati harga laptop.